Selasa, 17 Februari 2015

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Unknown | 23.06 |
Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan - Buah alpukat memang memiliki sejuta manfaat bagi manusia, dari mulai manfaat kesehatan, manfaat kecantikan dan manfaatnya sebagai makanan. Buah alpukat merupakan buah yang sangat populer di Indonesia. Selain rasanya yang sangat enak, buah alpukat juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Buah alpukat yang sudah masak biasa dijadikan jus, atau dimakan begitu saja bersama gula dan madu. Alpukat sendiri mempunyai nama latin Persea americana dan termasuk dalam keluarga Lauraceae. Tanaman ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah.
Dalam buah alupkat atau sering disebut avokad setidaknya mengandung 11 vitamin dan 14 mineral yang bermanfaat. Alpukat kaya akan protein, riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), potasium (kalium), dan vitamin C. Selai itu, buah alpukat juga mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolesterol dan makanan untuk otak.

Namun, bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat. Biji dan daun alpukat juga sering dijadikan sebagai bahan untuk pengobatan tradisional. Misalnya untuk mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala hingga diabetes. Berikut ini beberapa khasiat buah alpukat serta biji alpukat untuk kesehatan dan pengobatan:

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

  • Mencegah Resiko Penyakit Stroke - Kandungan Asam Folat dalam Buah Avokad ini berpotensi mencegah resiko penyakit stroke. Caranya cukup dengan makan satu buah alpukat dalam sehari secara rutin.
  • Menangkal Radikal Bebas - Kandungan Vitamin E, C atupun flavonoid akan menagkal radikal bebas. Sedangkan radikal bebas adlah penyebab utama timbulnya penyakt kanker. Konsumsi saja setip hari.
  • Menjaga Kesehatan Mata - Kandungan vitamin A dalam buah alpukat berperan dalam melindungi mata dari degenerasi katarak dan makula.
  • Menjaga Kesehatan Jantung - Kandungan asam folat yang tinggi akan menjaga kesehatan jantung. Satu gelas alpukat mengandung sekitar 23% dari total asam folat yang dibutuhkan tubuh.
  • Penyembuh Sakit Maag - Kalau terkan sakit maag ringan makan sari biji buah alpukat. Karena buah ini bisa mengoabati penyakit maag yang menyerang anda.
  • Mencegah Kanker Prostat - Senyawa yang terkandung dalam buah alpukat dapat mencari sel kanker yang baru timbul dan kemudian menghancurkannya tanpa merusak sel-sel kesehatan lainnya.
  • Membantu Turunkan Kolesterol - Kandungan beta-sitosterol yang cukup tinggi, senyawa ini telah terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol.

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kecantikan

  • Untuk mata yang bengkak - Caranya Ambil alpukat, kemudian potong menjadi beberapa bagian kecil berbentuk bulan sabit. Kemudian, sambil berbaring, tempatkan beberapa potong di bagian bawah mata, dan diamkan selama 20 menit. lalu bilas dengan air bersih.
  • Untuk Masker wajah - Caranya Potong alpukat menjadi dua bagian. Kemudian blender 1/2 bagian, tambahkan madu sebanyak 1/4 cangkir. Ratakan pada wajah. Biarkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Cara ini sangat cocok untuk kulit kering
  • Rambut lembut dan bersinar - Caranya Campurkan sepotong alpukat (1/2 rambut pendek), sebutir kuning telur, 1/2 sendok teh minyak zaitun. Ratakan pada rambut dan biarkan selama 30 menit atau lebih. Kemudian bersihkan dengan shampo dan conditioner seperti biasa.
  • Tangan halus dan lembut - Caranya Campurkan 1/4 bagian dari alpukat dengan 1 butir putih telur, 2 sendok makan outmeal, dan satu sendok makan lemon joice. Campurkan lalu ratakan pada tangan. Diamkan selama 20 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat dan keringkan.

Manfaat Biji Alpukat Bagi Kesehatan

Memang alpukat merupakan salah satu buah lezat yang memiliki rasa hambar, akan tetapi bukan hnaya daging buahnya yang bisa kita konsumsi, manfaat biji alpukat juga sangat baik untuk kesehatan dan berikut adalah beberapa dari manfaat yang bisa kita dapatkan :

  • Dapat digunakan sebagai obat sakit gigi.
  • Sebagai obat sakit maag.
  • Dapat mengobati penyakit kencing manis (diabetes) .
  • Mampu menghilangkan stress akibat aktivitas yang padat.
  • Sebagai obat sariawan.
  • Mampu menghilangkan rasa nyeri.

Di atas adalah beberapa manfaat dari mengkonsumsi biji alpukat. Untuk mengkonsumsinya ada banyak sekali cara yang bisa kita gunakan dan salah satunya adalah dengan meminum rebusan dari biji alpukat.

Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan


  • Mengobati Hipertensi

    Daun Alpukat dapat mengobati hipertensi, caranya sediakan 3 lembar daun alpukat kemudian seduh dengan segelas air panas. Setelah dingin minum air seduhan tersebut satu kali sehari sampai hipertensi sembuh. Selain itu, ramuan ini juga dapat mengatasi sakit kepala akibat darah tinggi.

  • Mengobati Sakit Perut

    Manfaat berikutnya adalah bisa mengobati sakit perut. Caranya sediakan 5 gram daun alpukat segar, 6 gram rimpang kunyit segar, 5 gram akar temu kelinci dan 6 gram daun pegagan segar. Rebus semua bahan tersebut kedalam 115 ml air hingga mendidih. Setelah dingin, minum air rebusan tersebut sehari sekali sebanyak satu gelas.

  • Mengobati Batu Ginjal

    Manfaat daun alpukat berikutnya adalah untuk mengobati batu ginjal. caranya ambil 7 helai daun kemudian seduh dengan 100 ml air panas. Minum secara rutin setiap pagi dan sore hari hingga batu ginjal keluar.

  • Mengobati Sakit Pinggang

    Cara untuk mengobati sakit pinggang dengan daun alpukat yaitu, sediakan 5 helai daun lalu rebus dengan air dan diamkan selama semalam penuh. Minum air rebusan tersebut keesokan harinya. Lakukan secara teratur selama satu minggu, maka sakit pinggang anda akan sembuh.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan. Untuk pengobatan, sebaiknya Anda tidak hanya memanfaatkan buah alpukatnya saja. Tetapi, daun besrta bijinya juga bisa bermanfaat untuk kesehatan atau pun pengobatan seperti yang sudah kami jelasakn di atas. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda yang membacanya dan menambah wawasan bagi kita semua AMIIIN!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

Diberdayakan oleh Blogger.
DMCA.com Protection Status W3 Directory - the World Wide Web Directory Visit pugi herbal at Ping.sg