Senin, 09 Februari 2015

Khasiat Ikan Gabus

pugi herbal | 23.04 |
Bagi sebagian orang, mungkin saat ini masih banyak yang belum tahu tentang ikan gabus. Padahal kalo sudah tahu khasiat serta manfaat ikan ini pasti semua orang mencarinya. Tapi kebanyakan orang tahu, kalau sudah di beritahu oleh dokter atau orang yang sudah mengerti dengan khasiat dari ikan gabus ini. Nah, bagi Anda yang masih penasaran atau tidak tahu sama sekali dengan Khasiat Ikan Gabus, berikut ini kami akan menjelaskannya.

Ikan Gabus

Ikan gabus adalah sejenis ikan buas yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di berbagai daerah : aruan, haruan (Melayu/Banjar), kocolan (Betawi), bogo / deleg (Sunda), bayong, bogo, licingan (Banyumas.), kutuk (Jawa), kabos (Minahasa) dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris juga disebut dengan berbagai nama seperti common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead dan juga aruan. Nama ilmiahnya adalah Channa striata (Bloch, 1793). Menurut sebuah penelitian, ikan gabus diketahui memiliki kandungan protein yang disebut albumin yang sangat tinggi. Kandungan tersebut sangat baik bagi tubuh manusia, mengingat albumin adalah salah satu bagian protein yang cukup penting. Dengan kandungan nutrisi yang dimiliki oleh ikan gabus, mengkonsumsi ikan gabus secara rutin dipercaya mampu mengatasi berbagai macam jenis penyakit berbahaya, seperti stroke, hepatitis, maupun infeksi paru-paru.

Kandungan nutrisi tinggi ikan gabus juga diyakini mampu memperbaiki kondisi gizi buruk yang terjadi pada bayi, anak-anak, maupun pada ibu hamil. Selain itu, ikan tersebut juga mampu membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Keyakinan-keyakinan terhadap khasiat ikan gabus tersebut diperkuat dengan beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli. Namun sayangnya hingga saat ini budidaya ikan gabus masih belum begitu populer di kalangan masyarakat.

Kebiasaan Hidup Ikan Gabus


Ikan gabus biasa didapati di danau, rawa, sungai, dan saluran-saluran air hingga ke sawah-sawah. Ikan ini memangsa aneka ikan kecil-kecil, serangga, dan berbagai hewan air lain termasuk berudu dan kodok. Seringkali ikan gabus terbawa banjir ke parit-parit di sekitar rumah, atau memasuki kolam-kolam pemeliharaan ikan dan menjadi hama yang memangsa ikan-ikan peliharaan di sana. Jika sawah, kolam atau parit mengering, ikan ini akan berupaya pindah ke tempat lain, atau bila terpaksa, akan mengubur diri di dalam lumpur hingga tempat itu kembali berair. Oleh sebab itu ikan ini acap kali ditemui ‘berjalan’ di daratan, khususnya di malam hari di musim kemarau, mencari tempat lain yang masih berair. Fenomena ini adalah karena gabus memiliki kemampuan bernapas langsung dari udara, dengan menggunakan semacam organ labirin (seperti pada ikan lele atau betok) namun lebih primitif.

Pada musim kawin, ikan jantan dan betina bekerjasama menyiapkan sarang di antara tumbuhan dekat tepi air. Anak-anak ikan berwarna jingga merah bergaris hitam, berenang dalam kelompok yang bergerak bersama-sama kian kemari untuk mencari makanan. Kelompok muda ini dijagai oleh induknya.

Kandungan Gizi Ikan Gabus


Soal kandungan gizi, semua jenis ikan adalah sumber protein yang sangat baik. Namun ikan gabus diketahui sebagai ikan yang kandungan gizinya lebih banyak dari ikan jenis lain. Kandungan protein ikan gabus sebesar 25,5%, dimana yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan bandeng (20,0%), ikan mas (16,0%), ikan kakap (20,0%), maupun ikan sarden (21,1%) (Anonymous, 1996).
Ikan Gabus juga dikenal mengandung albumin, yaitu bisa mencapai sekitar 6,224 g setiap 100 g daging ikan gabus. Kandungan albumin plus mineral zinc(Zn) yang sebesar 1,7412 mg/100 g pada daging ikan gabus inilah yang terkait dengan proses penyembuhan luka yang lebih baik. Kepopuleran ikan gabus mulai meluas semenjak ada beberapa rumah sakit yang memanfaatkan ikan gabus sebagai sumber albumin bagi pasien yang kekurangan albumin(hipoalbumin), serta untuk terapi pengobatan, mempercepat penyembuhan luka bakar, luka biasa maupun luka pascaoperasi.

Khasiat Ikan Gabus


Ikan gabus adalah jenis ikan yang telah terbukti banyak mengandung jenis protein. Untuk pengambilan albumin dari sarkoplasma dari jaringan ikan gabus bisa dilakukan dengan cara ekstraksi sederhana - metode dengan menggunakan pelarut. Proses pengambilan albumin ikan gabus secara sederhana juga bisa dilakukan dirumah tangga, yaitu dengan cara proses pengukusan hingga keluar cairan yang berwarna putih keruh.

Berikut merupakan khasiat ikan gabus yang bisa kami sampaikan untuk Anda yang saat ini sedang mencari informasi mengenai khasiat serta manfaat dari ikan gabus, diantaranya :

  • Membatu Mempercepat Kesembuhan

    Albumin juga berperan dalam meregenerasi sel yang mati, sehingga kejadian sel yang rusak akibat luka atau operasi bisa cepat sembuh. Bagi penderita penyakit tertentu akan semakin lama sembuh, karena obat yang diberikan tidak mudah diserap dengan baik oleh sel yang membutuhkan pengobatan. Jadi, mengkonsumsi ikan gabus atau sari albumin dari ikan gabus bisa membantu mempercepat pengobatan, mempercepat kesembuhan luka bakar, ginjal, luka bakar atau luka pasca operasi. Sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Prof. DR. Dr. Nurpudji dari Universitas Hasanudin, Makassar, menunjukkan bahwa kadar albumin pada pasien di RS Wahidin Sudiro Husodo banyak mengalami peningkatan setelah beberapa kali makan ikan gabus, sehingga mempercepat proses penyembuhannya. Penelitian yang sama yang telah dilakukan di RS Umum Dr. Saiful Anwar Malang menunjukkan, bahwa pemberian 2 kg ikan gabus masak setiap hari kepada pasien pascaoperasi meningkatkan albumin mereka menjadi normal. Sementara itu penelitian yang dilakukan di Universitas Hasanudin juga menunjukkan peningkatan kadar albumin dalam darah pasien hingga 0,6 hingga 0,8 g/dl setelah diberikan ekstrak ikan gabus selama 10 hingga14 hari.

  • Mendukung Pertumbuhaan Balita

    Kekurangan albumin bisa terjadi pada tubuh manusia, yang suatu kondisi yang disebut dengan hipoalbumin. Hal ini bisa menyebabkan nutrisi tidak bisa diedarkan dengan baik keseluruh tubuh, sehingga bagi anak bisa menyebabkan terhambatnya pertumbuhan, perkembangan otak yang tidak maksimal, penurunan kekebalan tubuh hingga menyebabkan anak mudah sakit.

Setelah Anda membaca artikel kami di atas, mungkin sekarang Anda telah menyadari bahwa Khasiat Ikan Gabus benar-benar sangat berharga. Dengan ini, terbukti bahwa ikan gabus dapat menjadi alternatif lauk, dan juga dapat dijadikan sebagai bahan obat herbal dan untuk bantuan medis juga.

6 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

Diberdayakan oleh Blogger.
DMCA.com Protection Status W3 Directory - the World Wide Web Directory Visit pugi herbal at Ping.sg